Selasa, 11 Juni 2013

Biografi Albert Einsten


Albert Einstein Mengangkasa, Bawa Selai Kacang dan Tiramisu


Posted: 06/06/2013 18:13
Albert Einstein Mengangkasa, Bawa Selai Kacang dan Tiramisu
(space.com)
Liputan6.com, Badan Luar Angkasa Eropa atau European Space Agency (ESA) meluncurkan misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional Rabu 5 Juni 2013 lalu. Untuk mengangkut sejumlah besar perbekalan, menggunakan pesawat yang menyandang nama salah satu ilmuwan paling terkemuka dunia: Albert Einstein.

Pesawat kargo tak berawak milik ESA, Automated Transfer Vehicle-4 (ATV-4) "Albert Einstein", mengangkasa menggunakan roket Ariane 5 dari pelabuhan antariksa Eropa di Kourou, Guyana Prancis.

Penamaan ini adalah sebuah penghargaan bagi Einstein, yang teorinya telah diuji di luar angkasa -- yang kerja kerasnya memungkinkan robot yang dikendalikan dari bumi menjelajah planet lain.

ATV-4 adalah pesawat luar angkasa pertama yang menyandang nama Einstein, atas saran delegasi Swiss. Mengapa Swiss? Sebab, meski lahir di Jerman, Einstein menjalani masa-masa awal karirnya di negeri itu.

ATV-4 mengirimkan kargo terberat yang pernah dikirim ESA ke ISS. Ada peralatan eksperimen sains, suplai untuk para kru, printer 3D, dan bahkan salinan manuskrip Einstein yang menjelaskan landasan teori relativitas umum. Pesawat dijadwalkan tiba pada 15 Juni mendatang.

"Durasi dari peluncuran sampai berlabuh adalah 5 hari," kata pemimpin misi, Jean-Michel Bois, seperti dilansir dari SPACE.com, Kamis (6/6/2013). "Lima hari yang lain adalah kompromi atas berbagai kendala, terutama untuk meminimalkan konsumsi propelan."

Bawa Tiramisu

ATV-4 "Albert Einstein" mengangkut lebih dari 1.400 macam barang, dengan total berat 7 ton. Yang terberat yang pernah diluncurkan roket Ariane.

Ada peralatan eksperimen khusus untuk Luca Parmitano, astronot ESA, yang akan meneliti studi emulsi, atau tetesan tersuspensi dalam cairan, dan percobaan diet makanan ketat yang dirancang untuk mempelajari skema pemberian makanan bagi misi astronot di masa depan, ke Mars.

Di sisi lain, ATV-4 juga mengirimkan makanan lezat Italia termasuk tiramisu, juga selai kacang, permen, dendeng sapi, dan keju parmesan bagi penduduk stasiun luar angkasa.

ATV-4 juga membawa sejumlah spare part, termasuk pompa air dan unit daur ulang, antena GPS untuk modul laboratorium Kido milik Jepang, dan masker gas bagi kru untuk menghadapi potensi kebakaran -- meski itu jarang terjadi. Kargo juga membawa air, oksigen dan propelan untuk ISS.

Tak ketinggalan, foto-foto keluarga dan sejumlah gambar anak-anak para astronot dan kosmonot untuk mengobati rasa kangen dan meningkatkan semangat mereka.

"Pesawat ini sangat kecil, tapi nyatanya kami bisa menaruh banyak hal di dalamnya," kata teknisi kargo ATV, Kerstin MacDonnell.

Meski yang pertama memakai namanya, Albert Einstein adalah yang keempat dari lima ilmuwan yang namanya diabadikan dalam ATV. Yang lain adalah Jules Verne, Johannes Kepler, Edoardo Amaldi dan Georges Lemaitre -- semua dari Eropa. (Ein/Sss)
deripusaka.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar